Selasa, 27 Juli 2021

Cerita Tentang Pengalaman Detox Sosial Media

 


                                                              بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Hi guys. How's it goin? Do you Miss me...? nope? Uhm, oke... Huhuhu 😌😂

Hari ini gw mau cerita tentang pengalaman Detox Sosial Media ya guys. mungkin artikel yang gw buat ini agak panjang, tapi worth it banget untuk di baca, ada campuran bahasa inggris dan indonesia.. maklum lah lagi belajar. please don't be a grammar nazi ya. oke check it out.!

Btw, It's been 8 weeks++ since i don't use any social media..
Whyyy? I doing a "Social Media Detox"....
I left social media 8 weeks 3 days. Yeah. I am on the 8th week of a 'Social Detox' , although i do Miss being online, kepo, and sharing stuff to all of you.. wkwk 😂.

But, remember... Only platform-scroll like Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, & some stuff like that.. Pengecualian LinkedIn, Telegram, WA, bcz i need it for staying connected with Relation, Friends, Family, & Customers. Etc.

i admit it's been a tough week (without platform-scroll ), but percaya sm gw, you'll not be missing out on anything on particular. Gradually, i realised i get a lot of time for myself. and improve myself . Instead of scrolling through my personal socmed feeds, i'd rather do something productive like go for a streams video, build a content, upgrade skills, learn new things & insight, improve an English skill (that's why i use indo-eng on this story) etc.. and also doing 'me-time' like play a games, music instruments & read a books. 😂
Note: remember. Good things Take Time 😜

Haha, Yapp.. karena ada kalanya kita off dengan Dunia Maya untuk stop spending too much time scrolling yg ga jelas (yg awalny having fun tp malah kebablasan jd males2an tanpa hasil), lalu menghindari mjd seorang yg bertopeng 2 (tdk mjd diri sendiri di internet), apalagi kalo hal itu ga ada hubungan dengan masa depan lu (unless lu influencer, content creator, selebgram, salesperson or something yg berhubungan/dibutuhkan sosmed buat nunjangnya). Ywdh Go On ..!

disamping itu, internet saat ini menurut gw ekosistemnya lg "keruh" terutama buat pengguna pribadi/umum/awam. 

Banyak sekali informasi hoax dan abu2, cyber bullying, hate speech, bocil ganggu, banyak drama b*go, baperan berujung UU ITE, banyak joget tiktok yg bikin khilaf, stupidity & everyone is fkcn showing off on socmed to sources of approval and validation outside of his/her self (even with fake way) and then not for motivate & inspire others.. bruh. come on..

Apalagi beberapa kasus akibat pantengin sosmed influencer/seleb/tokoh atau bahkan temen sampe bikin diri INSECURE. Itu sih yg parah.. 
Tapi itu balik ke diri sendiri sih pinter2 cari informasi/konten dan jg mindset lu gimana nanggepin tiap hal..

While at the other hand, kekurangan dr off sosmed, maybe you might end up on not knowing up-date information, virals news about the other side of the world if you doing detox sosmed like me.. but.., I don't give a SH*T.. haha... 

Alasan tdk sosmed'an selain detoks sosmed, karena ad kalany gw habiskan buat merenung dan EVALUASI diri, FOKUS dg kegiatan apapun terkait dg masa depan (Without anybody knowing) and doing anything what you enjoy and passion for' without DISTRACTION, namun bukan berarti egois, ada kalanya kita self-care.👍 

tp ttplah mjd individu yg creative, meaningful & abundant. disamping itu bisa spend time khusyuk dalam Ibadah, serta ga bingung mikiran mau upload/story' apa hari ini buat di share disosmed personal 
( walau sebenarnya gw seringan sharing sih dibanding story' kegiatan ) 

Dan lu juga bisa stop comparing yourself to others yang kadang sengaja/tak sengaja terlihat di sosmed org lain yg bikin semangat lu ciut. 

Co: dulu selalu kepo sosmed/channel Trader Donny Salmanan/Indra Kent yg hebat sukses didunia Trading (Krn gw dg Fajri saudara jg terjun dlm dunia trading), nah hal ini yg kadang punya 2 makna.. dimana terkadang bikin kita termotivasi dan dapat ilmu baru tp dilain sisi gw mikir kok bisa sehoki itu mereka, semua fasilitas/relasi ada, sedangkan kita 'b aja' , ga spesial amat bahkan suka sial ngeloss, nah itu Kdng bikin iri dikit (y namany manusia, Kdng khilaf suka lupa bersyukur), 
So as long, yg awalny semangat jd patah semangat. Jadi gw coba buat ngindarin hal kek gitu skrng. Kalo gw anggap itu mengganggu (berlaku buat apapun). wkwkw
.
Alasan lain, Krn minggu2 kemarin gw kena COVID-19 dan indra penciuman gw pun jg hilang. jadi sekalian take a rest aj sih.. Tp Alhamdulillah skrng dah sembuh total yeahhh...
Ga nyangka kan? Ya begitulah, entah kok bisa kena.. tp syukurnya normal2 aj tnp efek berarti, imun kuat Bos!. 😂

Balik lg. detoks sosmed ini bukan berarti gw ga megang HP. tentu gw ttp megang HP/Laptop jg . Secara gw pribadi Millenial yang hidup di Dunia Teknologi dan Cari Duit pun di internet. So Connect w/ Internet sama pegang HP/Laptop juga harus dilakukan, tapi tentu dengan intensitas yang mulai dikurangkan jika tak terlalu penting. hehe. Karena disini saya hanya menghindari aplikasi scroll doang kayak IG ,FB, Tiktok, Twitter dan segala cecunguknya (kyk yg gw bilang di awal).
.
Karena gw pribadi masih butuh HP/Laptop salahsatunya buat keperluan: 
1. buka jualan gw di Marketplace.
2. buat artikel di blog & medium, 
3. kontribusi di Quora & brainly, 
4. monitor akun trading forex & saham, 
5. Ikut pelatihan online., anything lah. 
6. dan jg kelola akun2 Olshop di IG.
7. maupun Content Media yg saat ini jg lg gw bangun buat sharing & influenced others.
(Mungkin, bbrp fllwers ad yg tau, tp nanti deh ad waktuny gw spill).😂

Seriously, sosmed detoks menurut gw bener2 bnyk banget benefitnya based on my experience...... It depends on persons sih, the choice is yours... But, it's really a good thing to Refrain yourself from all socmed. Worth It sangat, tp tentu dg cara yg bener ya.. haha. Banyak kok informasi ny di internet.

Btw, mungkin ad yg tanya, kenapa gw tiba2 hilang, terus tiba2 muncul langsung buat artikel' kek gini. bcz, i will always be there for others even if i disappears,. 😂
gak deng wkwk... Sejujurnya, alasan gw buka instagram pribadi ini, karena saat ini, gw lagi ikut salahsatu pelatihan online (tp sialnya) diwajibin bwt follow akun IG Lembaga pelatihan tsb. Mau ga mau buka IG gw lagi .wkwk

Dan jg kebetulan bulan ini bulan Agustus (my special birth month). ..ywdh sekalian aja buat story' dan postingan ini kali aja ad yang realize. terus kasih hadiah. wkwk tp entah kok malah jadi curcol panjang lebar dan sharing opini gini. Wkwk . Maklum bawaan gw emg suka gitu. hehehe😂.

Ywdh mungkin akun instagram pribadi gw bakal lanjut off lagi untuk sementara waktu. 
Entah sampai kapan kembali aktif, karena lagi fokus kejar mimpi, perbaiki & tingkati diri agar mencapai aktualisasi diri, serta build a Social Media Content di akun lain.. So, tungguin aja ya kejutannya kapan gw mulai aktif kembali sharing dan diskusi di akun pribadi ,Wkwk. 
Kalo skrng mau coba lanjut jalanin hidup lagi tnp sosmed personal untuk beberapa waktu. 😂 
bcz i really enjoyed it..! I swear to God. LMAO

So. Maaf kalo kemarin2 ad DM ataupun ad kepentingan tp g direspon, krn lg off ini.
Jadi sementara waktu jgn via personal IG dulu y Krn slowresp.... Lngsng via WA / Tele / email saja. Semua link buka di ==> linktr.ee/zikryreyn <== saja.🙏
.
Thanks Semua... Udah segitu dulu ya cerita saya. terutama yang mendengarkan sampai habis. hehe❤️
Don't Miss me too much guys,  please.. hahaha ... . #JustKidding
Jaga kesehatan Jaga Diri Jaga Iman ya kalian❤️
Jaga apapun lah yang berharga dan bernilai menurut dirimu. Hiyahiya 
Much Love from me🌻❤️
bye bye .....  See ya again..✨



~ ZR ~


connect me on:
instagram: @reynzikry
gmail: zikryyoyoy@gmail.com
linktr.ee/zikryreyn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar