Jumat, 18 Juli 2014

EMPAT SYARAT MASUK SURGA

EMPAT SYARAT MASUK SURGA
By Zikry Reynaldi  | on July  18, 2014 | 0 Comment

Assalamualaikum, apa kabar?,di siang cerah ini, sebelum sy melaksanakan solat jumat . Saya akan berbagi artikel *4 Syarat Masuk Surga* yg dikutip oleh zaenal arifin
Sumber: islamFreedom.com  .
Check it out.

Kini meyakini adanya kehidupan akhirat. Tentunya kita pasti menginginkan untuk memperoleh kehidupan yang bahagia dengan masuk ke dalam surga. Bila surga seperti buah Negara yang akan kita kunjungi maka untuk bisa masuk ke Negara itu tentu ada persyaratan yang harus kita penuhi seperti paspor, visa, uang dan lain-lain.

Paling tidak ada empat syarat yang harus kita penuhiuntuk masuk surga, yaitu sebagai berikut.

1. IMAN DA AMAL SALEH

Iman dan amal saleh seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dan tidak boleh dipisah-pisah. Manakala seseorang telah beriman dan beramal saleh yang sebanyak-banyaknya, maka jaminan dari Allah swt. Baginya untuk bisa masuk ke dalam surga. Allah swt. Berfirman,

”Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.”(al-Baqarah: 82)

2. TAKWA

Secara harifiyah, takwa artinya memelihara diri. Orang yang bertakwa adalah orang yang memelihara dirinya dari hal-hal yang tidak dibenarkan oleh Allah swt.. karena itu, para ulama memberikan ta’rif atau pengertian takwa, yakni: melaksanakan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya baik dalam keadaan sunyi maupun ramai. Apabila sudah bertakwa dengan sebenar-benarnya, maka Allah swt. Menyediakan surga untuk tempat tinggal mereka sebagaimana terdapat dalam firman-Nya:

”Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”(ali-Imran: 133)

3. BERJUANG DAN BERKORBAN

Islam merupakan agama yang tidak hanya harus dilaksanakan secara pribadi, tetapi juga bersama-sama, baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat. Oleh karena itu, Islam harus disebarluaskandan diperjuangkan penegakannya dengan pengorbanan harta dan jiwa. Berjuang dan berkorban di jalan Allah menjadi persyaratan untuk bisa masuk ke dalam surga. Allah berfirman,

”Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkanmua dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui, niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir dibawahnyasungai-sungai, dank e tempat-tempat tinggal yang baikdi dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.”(ash-Shaff: 10-12)

4. TOBAT

Surga merupakan tempat yang suci dan hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang suci. Karena itu, janganlah seseorang mati dalam keadaan bergelimbang dosa. Untuk itu, setiap manusia harus bertobat sebelum mencapai kematian. Taubat adalah kembali kepada Allah, bila hal ini sudah kita laksanakan, niscaya Allah swt. Memberikan tiket kepada kita untuk bisa masuk ke dalam surga. Allah berfirman,

”Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu, dan memasukkan kamu ke dalam surga-surga yang mengalir dibawahnya sumgi-sungai,…” (at-Tahriim: 8)

Sekian, mudahan kita semakin percaya atas nikmat Islam yg kita dapat sekarang.  :)

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar